Sensasi River Tubing di Kali Ngodo

ANDA ingin berwisata sekaligus memacu adrenalin? River Tubing di Kali Ngodo sepertinya wajib untuk Anda kunjungi. Objek wisata air ini terletak di Dusun Karangnongko, Desa Gedangan, Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang. Dusun ini mempunyai luas wilayah 20 hektare, terdiri atas 3 RT. TubingKali Ngodo dikelola oleh pemuda setempat.
“Objek wisata tubing sungai ini untuk mengembangkan potensi yang ada di desa kami. Harapannya, bisa meningkatkan perekonomian penduduk desa, serta menambah kas desa,” ujar Sekretaris Desa (Sekdes) Gedangan, Bekti Handini, kepada Jawa Pos Radar Semarang, Selasa (10/10).
Dikatakan, pengunjung objek wisata air ini kebanyakan wisatawan lokal tidak jauh dari Kabupaten Semarang. Biasanya Kali Ngodo ramai pada akhir pekan dan hari libur sekolah. Dalam sehari, pengunjung bisa mencapai ratusan orang. Pengelola tidak menarik tiket masuk. Pengunjung hanya membayar jika ingin tubing sebesar Rp 25 ribu, dan naik perahu karet Rp 15 ribu per orang. “Itu buat sewa perlengkapan tubing, seperti ban, helm, termasuk baju pelampung,” katanya.
Di Kali Ngodo, wisatawan juga bisa menikmati grojokan atau air terjun. Diakui, jika musim kemarau, debit air turun. Sehingga tidak bisa dimanfaatkan buat tubing.
Perempuan 27 tahun ini menambahkan, tahun depan, pemerintah desa setempat akan membentuk kelompok sadar wisata (pokdarwis). Untuk membekali anggota pokdarwis, pihaknya akan mendatangkan praktisi dari Dinas Pariwisata Kabupaten Semarang. Tujuannya, agar penduduk setempat mendapatkan ilmu bagaimana mengelola dan memanfaatkan potensi wisata yang ada dengan baik
“Saat ini, sudah ada website resmi Desa Gedangan. Ini menjadi media untuk mempromosikan potensi wisata, termasuk potensi desa yang dapat diakses secara luas. Harapannya, desa kami bisa menjadi desa wisata yang banyak dikunjungi wisatawan,” harapnya. (mg48/aro)

Link Asli: http://radarsemarang.com/2017/10/11/sensasi-river-tubing-di-kali-ngodo/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *