Desa Gedangan Bebas Kaki Gajah

Obat pencegahan penyakit kaki gajah mulai diberikan gratis ke seluruh kecamatan dan desa/kelurahan di Kabupaten Semarang. Upaya tersebut dilakukan Dinas Kesehatan sebagai antisipasi serangan penyakit kaki gajah di Indonesia yang dikenal sebagai daerah endemik penyakit akibat infeksi cacing filaria tersebut. “Belkaga” nama program tersebut yang di sosialisasikan dan dilaksanakan di Desa Gedangan.

“Kami dan warga lainnya menyambut baik upaya pemerintah. Namanya juga antisipasi supaya masyarakat termasuk anak-anak tidak terjangkit,” kata M. Zaenal Arifin, salah satu Kepala Dusun di Gedangan, Kamis (3/8/2017).

Sosialisasi dan pemberian obat, dilakukan serentak di masing-masing desa/kelurahan. Khusus di Desa Gedangan, dua kegiatan tadi dirangkai dengan pemeriksaan kesehatan oleh bidan dan tim medis Puskesmas Gedangan yang dibantu oleh Kader Posyandu dan Kader PKK di seluruh dusun di Desa Gedangan.

Warga yang sudah mendapatkan obat akan didata. Sementara bagi yang belum, nantinya hendak didatangi rumahnya menyusul program pemerintah ini sifatnya wajib. “Syaratnya anak harus yang sehat, tidak ada gangguan penyakit seperti infeksi saluran pernafasan, diare, atau sedang panas. Untuk orang dewasa tidak mempunyai suatu penyakit yang tidak menular seperti jantung dan darah tinggi,” jelas Bidan Desa Gedangan, Widayati.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *