Polsek Tuntang Gelar Pelatihan Trantibmas Anggota Linmas Desa Gedangan

Polsek Tuntang yang bertugas membina warga masyarakat di Desa Gedangan bersama Pemerintah Desa Gedangan melaksanakan Pelatihan Trantibmas Desa yang diikuti oleh para anggota Linmas Desa Gedangan bertempat di Kantor Desa pada Senin 23 Oktober 2017.

Pelatihan yang dimulai sejak pukul 13.30 WIB hingga pukul 15.30 WIB itu, di antaranya adalah simulasi baris perbaris dan penanganan ketertiban masyarakat.

Tugas pokok dan fungsi linmas misalnya dalam penanggulangan bencana harus mampu menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat. Satuan Linmas harus mampu menjadi pelopor dan penggerak pengamanan Swakarsa di tengah-tengah masyarakat. Linmas juga didorong untuk membaur dengan kelompok-kelompok masyarakat guna menciptakan situasi tertib, tentram dan aman di wilayah desa.

Hadir dalam pembinaan dan pelatihan anggota tersebut antara lain Kasi Trantib, Mujahidin, AKP K Susanto Kapolsek, Kepala desa Gedangan beserta stafnya, serta diikuti oleh 30 personil linmas desa Sidorejo.

Dalam pembinaan dan Pelatihan tersebut Kapolsek AKP K Susanto dan Mujahidin, menyampaikan materi-materi tentang tugas pokok linmas diantaranya sebagai pengamanan swakarsa serta perlindungan serta kenyamanan masyarakat.

“Indikator suksesnya pelatihan linmas adalah : (1) Meningkatnya kualitas SDM Linmas, (2) Menguatnya kelembagaan dan peran serta Linmas, (3) Meningkatnya ketahanan masyarakat yang demokratis, (4) Meningkatnya Kesiap-siagaan Satuan Linmas dan masyarakat dalam penanggulangan bencana, ketentraman dan ketertiban umum dan (5) Meningkatnya kualitas pelayanan dan sumber daya pendukungnya dalam perlindungan masyarakat.

Linmas adalah Satuan Perlindungan Masyarakat yang mempunyai tugas mendukung penanganan masalah ketentraman, ketertiban dan keamanan di lingkungannya, dan selain itu Linmas juga berfungsi membantu terciptanya kondisifitas dan penanggulangan bencana alam serta kegiatan sosial di lingkungan desanya.

“Pada Intinya, tugas, fungsi dan peranan Linmas adalah membantu Pemerintah Daerah. Kepolisian dalam Harkamtibmas dan perbantuan kepada TNI dalam upaya Pertahanan Negara serta perbantuan dalam kegiatan sosial di lingkungannya”.

Kegiatan berjalan aman dan tertib diakhiri dengan penyerahan petihan baris berbaris penanggulangan keamanan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *