Penyelamatan Ekonomi Desa Gedangan, Tuntang, Kabupaten Semarang di Masa Pandemi Melalui Digitalisasi

Semarang 24 Maret 2021, Desa Gedangan, Tuntang, Kabupaten Semarang – Tidak dapat dipungkiri, pandemi Covid-19  telah melumpuhkan sendi perekonomian hampir di seluruh penjuru negeri. Bukan hanya di perkotaan, lesunya perekonomian juga merambah sampai ke pelosok desa. Namun, di balik keterpurukan itu justru banyak melahirkan inovasi-inovasi yang dapat menghidupkan kembali perekonomian masyarakat. 

Di Desa Gedangan, Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang, misalnya, kegiatan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) belum memanfaatkan teknologi secara maksimal untuk membantu Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) agar lebih Go-Digital. Maka dari itu diperlukan sebuah sistem berbasis Web untuk membantu perekonomian Desa Gedangan, salah satunya melalui sistem yang bernama Creatison.id.


Sistem Creatison.id yang digunakan ini mempunyai banyak fitur, salah satunya merupakan layanan belanja online yang dapat membantu masyarakat dalam berkegiatan jual beli secara mudah. Selain itu, Creatison.id juga memfasilitasi para UMKM di Desa Gedangan untuk dapat mengelola dan mengembangkan usahanya agar bisa menjangkau pasar secara luas melalui digitalisasi. 

Hingga saat ini, sistem Creatison.id baru bisa diakses melalui Web. Meskipun demikian, warga Desa Gedangan sendiri sangat antusias dan berharap dapat terbantu dengan adanya sistem tersebut. 

Founder Creatison.id, Sony Ramadhan, menyatakan bahwa platform yang baru diluncurkan di awal  tahun 2021 ini dibuka dengan motivasi penyelamatan bisnis UMKM di Indonesia, salah satunya untuk UMKM di Desa Gedangan agar memiliki bisnis yang Go-Digital. 

Dalam hal ini, Kepala Desa Gedangan, Bapak Daroji sangat mendukung penuh dengan adanya digitalisasi untuk para UMKM dan Bumdes Gedangan. Beliau berharap dengan adanya inovasi ini, dapat membantu masyarakat agar lebih unggul dalam bidang penjualan digital sehingga perekonomian Desa Gedangan akan semakin meningkat.

Source by web: creatison.id