Pembangunan Rabat Beton Dusun Gedangan, Desa Gedangan

Sarana transportasi berupa jalan atau gang yang baik di lingkungan tempat tinggal tentunya sangat diperlukan oleh warga masyarakat sekitar. Hal inilah yang dirasakan oleh warga Desa Gedangan Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang khususnya di Dusun yang pada tahun 2016 mendapatkan dana desa (DD) untuk pembangunan rabat beton yaitu dusun Gedangan Desa Gedangan.

Kondisinya walaupun sudah di pavingisasi, namun sebagian besar sudah rusak parah. Selama ini, kondisi jalan yang bergelombang dan licin akibat hujan sangat mengganggu aktivitas warga tak terkecuali gang tersebut menjadi akses menuju dusun Karangnongko dan menuju jalan raya Salatiga-Ambarawa.

Melihat keadaan yang dialami masyarakat tersebut, warga masyarakat bersama Warga setempat mengajukan usulan untuk perbaikan Jalan dengan jenis kegiatan rabat beton. Berdasarkan hasil musyawarah warga akhirnya usulan ini pun ditindaklanjuti dengan penyusunan proposal. Setelah dilakukan survey, kemudian TPK bersama KPMD memasukkan pembangunan gang rabat beton tersebut ke dalam usulan kegiatan Rencana Penggunaan Dana DD (Dana Desa). Pelaksanaan pembangunan gang rabat beton itu bersumber dari DD dan swadaya masyarakat, pada bulan oktober 2016.

Kegiatan Pengecoran jalan ini selain dengan Dana Desa juga dibangun dengan swadaya masyarakat dapat berjalan dengan lancar. Saat ini jalan sudah bisa dilalui dan masyarakat pun kini sudah bisa merasakan manfaatnya. Sebelum dibuka jalan diresmikan oleh masyarakat dusun Gedangan dengan acara pengajian dusun. Masyarakat di dusun Gedangan ini sangat senang dengan terbangunnya jalan rabat beton tersebut. Kini dengan adanya gang rabat beton yang membentang mulus itu masyarakat sudah bisa senyum dan merasa lega. Mereka kini menikmati manfaat jalan tersebut yang dapat melancarkan segala aktifitas kegiatan mereka sehari-hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *