Kali Odo Gedangan, Wisata Baru di Tuntang

TUNTANG, suaramerdeka.com –  Sungai Kali Odo di Dusun Karang Nongko Desa Gedangan Kecamatan Tuntang baru-baru ini mulai dikelola serius oleh pemuda setempat. Adalah Remaja Islam Karang Nongko (Riska), yang mulai merintis sungai dengan air jernih dari mata air lereng gunung Merbabu ini menjadi tempat wisata alam yang menarik.

Meski belum ada investor yang masuk, pemuda setempat sudah mulai menata dan mengelola lokasi sungai Kali Odo agar lebih layak dikunjungi. Beberapa spanduk dan baliho telah mulai dipasang di jalan masuk menuju Kali Odo. Untuk mencapainya, pengunjung dapat melalui arah Timur, dari perempatan Jalan Lingkar Salatiga, tepatnya di perempatan Gedangan.

Untuk jalur Barat, pengunjung dapat masuk dari arah Banyubiru menuju ke Timur sampai pasar Bandungan Desa Gedangan sekira tiga kilometer untuk sampai di lokasi. “Kami beranikan diri untuk mengelola sungai Kali Odo menjadi wisata alam Desa Gedangan. Sementara kami kelola dengan memberdayakan pemuda setempat berupa wisata river tubing,” kata Khoirul Soleh selaku humas organisasi pemuda Riska.

Sejak mulai dikelola di awal tahun ini, kata dia, rata-rata pengunjung dalam sepekan bisa sampai tiga ratus orang. Lebih-lebih di hari libur. Keunggulannya sungai Kali Odo ini masih jernih dengan mata air gunung Merbabu.

“Kami berharap ada investor yang mau bekerja sama untuk pengelolaannya. Syukur-syukur pihak pemerintah desa bersama-sama mengelola untuk kebaikan warga masyarakat Gedangan, khususnya pemuda dusun Karang Nongko,” pesan Khoirul.

(Andika Primasiwi / CN26 / SM Network)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *